Belum Juga Melakukan Sunat? Waspada Terkena Penyakit Fimosis!

by Jan 12, 2024Sunat0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Sunat
  4. /
  5. Belum Juga Melakukan Sunat?...

Sunat adalah prosedur pembedahan yang umum dilakukan pada laki-laki dengan menghilangkan sebagian kulit yang menutupi ujung penis (kulup). Selain aspek keagamaan atau budaya, hal ini memiliki manfaat kesehatan yang signifikan pada kesejahteraan tubuh.

Belum Juga Melakukan Sunat? Waspada Terkena Penyakit Fimosis!

Sumber: Freepik

Berikut ini adalah manfaat sunat untuk kesehatan secara umum:

 

1. Kebersihan dan Pencegahan Infeksi

Penghilangan kulup dapat mengurangi risiko penumpukan kotoran dan bakteri di bawahnya. Ini membantu menjaga kebersihan area genital dan mengurangi kemungkinan infeksi saluran kemih atau infeksi kulit pada penis sehingga mengurangi risiko penyakit belum sunat.

2. Mencegah Masalah Kulit

Beberapa kondisi kulit seperti balanitis (peradangan pada kepala penis) atau posthitis (peradangan pada kulup) dapat diminimalkan dengan sunat karena area yang cenderung lembab dan rentan terhadap infeksi akan terbuka dan lebih mudah dijaga kebersihannya.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Menular Seksual (PMS)

Meskipun bukan metode perlindungan utama, sunat juga dapat menurunkan risiko penyakit belum sunat seperti penularan penyakit menular seksual tertentu, yaitu HIV dan HPV (Human Papillomavirus). 

 

Dampak Fimosis pada Laki-laki yang Tidak Menjalani Sunat

Fimosis adalah kondisi di mana kulit yang menutupi kepala penis (foreskin atau kulup) sulit atau bahkan tidak dapat ditarik kembali dari ujung penis. Normalnya, kulup bisa ditarik untuk membersihkan kepala penis. Namun, pada kasus fimosis, kulup terasa sangat ketat atau tidak elastis, sehingga sulit untuk ditarik ke belakang.

Belum Juga Melakukan Sunat? Waspada Terkena Penyakit Fimosis!

Sumber: Freepik

Kondisi ini bisa terjadi pada bayi, anak-anak, remaja, atau bahkan pada pria dewasa. Fimosis bisa bersifat fisiologis (normal pada bayi dan anak kecil) atau patologis (menjadi masalah kesehatan). 

 

Kondisi fimosis pada pria karena patologis menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam menjaga kebersihan penis, meningkatkan risiko infeksi, dan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada saat buang air kecil atau beraktivitas seksual.

Fimosis pada pria yang persisten pada usia dewasa dapat menjadi sumber masalah yang lebih serius, termasuk infeksi berulang, balanitis (peradangan kepala penis), atau bahkan masalah dalam fungsi seksual. 

 

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, fimosis yang parah dapat membatasi aliran urin dan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan pada penis. Laki-laki yang mengalami fimosis mungkin akan menghadapi beberapa masalah:

1. Kesulitan Membersihkan Penis

Kulup yang tidak dapat ditarik kembali dengan mudah membuat sulit menjaga kebersihan di area tersebut. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi atau peradangan.

2. Rasa Sakit atau Ketidaknyamanan

Fimosis pada pria menjadi risiko penyakit belum sunat yang dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil atau saat beraktivitas seksual.

3. Infeksi dan Komplikasi

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih atau peradangan pada penis. Pada kasus yang parah, fimosis pada pria dapat menyebabkan balanitis kronis (peradangan yang berulang pada kepala penis) atau bahkan dapat menjadi faktor risiko penyakit seperti kanker penis, meskipun ini cukup jarang terjadi.

 

Kondisi fimosis pada pria bisa diatasi melalui pengobatan medis atau, dalam kasus yang lebih serius, melalui prosedur bedah seperti sunat. Sunat bukan hanya memiliki nilai budaya atau keagamaan, tetapi juga membawa manfaat kesehatan yang signifikan bagi pria. Dengan mengurangi risiko infeksi, meningkatkan kebersihan, dan mengurangi kemungkinan masalah kulit pada penis, sunat dapat berperan dalam menjaga kesehatan pria secara keseluruhan. 

 

Terlebih lagi, untuk menghindari risiko penyakit seperti fimosis yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi, sunat menjadi salah satu tindakan pencegahan yang penting. Meskipun begitu, keputusan untuk menjalani sunat tetap menjadi pilihan individual yang harus dipertimbangkan dengan seksama. Untuk Anda yang sedang membutuhkan prosedur sunat, Anda dapat mengunjungi Rumah Sunat yang memiliki metode sunat modern sehingga Anda tidak akan merasakan nyeri dan cepat sembuh. Segera reservasi di sini!

Written by Admin Rumah Sunat

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya